Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemula Wajib Tahu? Pahami 10 Hal Ini Saat Ingin Pelihara Burung Kenari Untuk Pemula

Pelihara Burung Kenari
Pemula Wajib Tuhu? Pahami 10 Hal Ini Saat Ingin Pelihara Burung Kenari Untuk Pemula

Petaniberdasi.my.id - Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang populer di Indonesia. Selain memiliki suara yang merdu, burung ini juga memiliki warna yang indah dan mudah untuk dipelihara. Namun, bagi pemula yang ingin memelihara burung ini, ada beberapa hal yang perlu dipahami agar proses perawatan dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipahami saat ingin memelihara burung Kenari untuk pemula:


1. Pemahaman tentang Burung Kenari

Baca Juga:

Kelebihan dan Kekurangan Kawin Cabut dan Kawin Campur untuk Kenari: Mana yang Lebih Cocok untuk Peternak Pemula?

Sebelum memutuskan untuk memelihara burung Kenari, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu tentang burung ini. Burung Kenari merupakan burung yang berasal dari kepulauan Canary yang terletak di lepas pantai Afrika Barat. Burung ini termasuk dalam jenis burung Finch yang memiliki ukuran kecil dengan panjang sekitar 13 cm. Burung Kenari memiliki karakter yang cerdas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.


2. Persiapan Kandang


Kandang merupakan hal yang sangat penting dalam memelihara burung Kenari. Kandang yang baik akan membuat burung Kenari lebih nyaman dan sehat. Pilihlah kandang yang memiliki ukuran yang cukup besar, minimal 60 cm x 30 cm x 40 cm. Selain itu, pastikan kandang memiliki lubang ventilasi yang cukup agar udara dapat mengalir dengan baik. Berikan juga tempat bertengger yang nyaman dan aman bagi burung Kenari.


3. Pemilihan Pakan yang Tepat


Pakan merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan burung Kenari. Berikan pakan yang kaya akan nutrisi seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Hindari memberikan pakan yang kurang berkualitas atau terlalu banyak pakan yang mengandung gula karena dapat menyebabkan obesitas pada burung Kenari. Pastikan juga air minum selalu tersedia dan diganti setiap hari.


4. Ciptakan Lingkungan yang Tenang dan Nyaman


Burung Kenari memiliki suara yang merdu, namun itu tidak berarti mereka dapat hidup di lingkungan yang bising. Hindari memelihara burung Kenari di tempat yang berisik seperti dekat dengan televisi, radio, atau ruangan yang sering dilewati. Ciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman bagi burung Kenari, karena mereka juga memiliki kebutuhan akan istirahat yang cukup.


5. Lakukan Perawatan Rutin


Seperti halnya hewan peliharaan lainnya, burung Kenari juga membutuhkan perawatan yang rutin. Berikan makanan dan air yang bersih setiap hari, bersihkan kandang minimal seminggu sekali, serta berikan tempat mandi yang bersih setiap dua hari sekali. Selain itu, pastikan juga untuk membawa burung Kenari ke dokter hewan secara rutin untuk memeriksa kesehatannya.


6. Kenali Tanda-tanda Sakit pada Burung Kenari


Sebagai pemula, sangat penting untuk dapat mengenali tanda-tanda jika burung Kenari sedang sakit. Beberapa tanda yang perlu diwaspadai adalah bulu-bulu yang kusam dan rontok, nafsu makan menurun, serta bulu-bulu di sekitar mata yang basah. Jika menemukan tanda-tanda tersebut, segera bawa burung Kenari ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


7. Berikan Waktu untuk Berinteraksi


Meskipun burung Kenari merupakan hewan peliharaan yang tidak membutuhkan banyak perhatian, tetapi mereka juga membutuhkan waktu untuk berinteraksi dengan pemiliknya. Berikan waktu untuk berbicara dan bermain dengan burung Kenari agar mereka tidak merasa kesepian dan lebih dekat dengan pemiliknya.


8. Jangan Membiarkan Burung Kenari Berinteraksi dengan Burung Lain


Jika Anda memutuskan untuk memelihara lebih dari satu burung Kenari, pastikan untuk tidak membiarkan mereka berinteraksi satu sama lain. Burung Kenari cenderung bersikap agresif terhadap burung lain, terutama saat sedang berada di dalam kandang. Hal ini dapat menyebabkan stres dan berujung pada kondisi kesehatan yang buruk.

Baca Juga:

Tutorial Metode Kawin Cabut Budi Daya Burung Kenari hingga Hasilkan Puluhan Anakan

9. Jangan Memelihara Burung Kenari di Luar Ruangan


Burung Kenari tidak cocok untuk dipelihara di luar ruangan karena mereka rentan terhadap perubahan suhu yang drastis dan dapat menyebabkan sakit. Selain itu, burung Kenari juga rentan terhadap serangan predator seperti kucing dan burung hantu. Jadi, pastikan untuk memelihara burung Kenari di dalam rumah atau di tempat yang aman.


10. Bersikap Sabar dan Penuh Kasih


Yang terakhir, sebagai pemula dalam memelihara burung Kenari, Anda harus bersikap sabar dan penuh kasih. Burung Kenari membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pemiliknya. Jika burung Kenari masih canggung dan tidak mau berinteraksi, jangan memaksanya. Berikan waktu dan kesabaran, nantinya burung Kenari akan semakin dekat dan akrab dengan Anda.


Itulah beberapa hal yang perlu dipahami saat ingin memelihara burung Kenari untuk pemula. Dengan memahami dan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan proses perawatan burung Kenari dapat berjalan dengan baik dan burung Kenari dapat hidup dengan sehat dan bahagia. Selamat mencoba!

Calon Bloggers
Calon Bloggers Saya seorang pemimpi yang Fokus untuk mencapai tujuan, meskipun banyak hal yang menarik dalam perjalan akan slalu berjuang untuk mendapatkan mimpiku yang belum tercapai.

Posting Komentar untuk "Pemula Wajib Tahu? Pahami 10 Hal Ini Saat Ingin Pelihara Burung Kenari Untuk Pemula"