Tahapan untuk Menanam Pepaya Pendek yang Berbuah Lebat Dari Awal Hingga Panen

"Pepaya Carica, dengan rasa dan aroma yang khas, merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh."

4 min read
Petaniberdadsi.my.id - Menanam pepaya pendek yang berbuah lebat adalah salah satu hal yang bisa anda coba di kebun atau pekarangan rumah. Pepaya adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Pepaya pendek

Jenis pepaya yang cepat berbuah

Pepaya merupakan buah yang populer dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, tidak semua jenis pepaya memiliki waktu yang sama untuk berbuah. Ada beberapa jenis pepaya yang dapat berbuah lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Mari kita simak informasinya!

1. Jenis Pepaya Red Lady

Pepaya Red Lady adalah salah satu jenis pepaya yang terkenal dengan buahnya yang manis dan beraroma harum. Buah pepaya Red Lady memiliki kulit berwarna hijau muda saat belum matang dan akan berubah menjadi warna oranye saat telah matang sepenuhnya. Selain rasanya yang enak, pepaya Red Lady juga memiliki banyak manfaat dan kaya akan kandungan nutrisi.

Manfaat dari pepaya Red Lady antara lain untuk sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, serta membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam pepaya Red Lady meliputi vitamin C, vitamin A, vitamin E, serat, kalium, dan karotenoid.

"Pepaya Red Lady memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut, menjadikannya buah yang cocok untuk dikonsumsi langsung atau dijadikan dalam berbagai macam makanan dan minuman."

2. Jenis Pepaya California

Jenis Pepaya California
Pepaya California

Pepaya California (Carica papaya) adalah salah satu jenis pepaya yang memiliki keistimewaan tersendiri. Buah pepaya California memiliki bentuk yang agak bulat dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan varietas pepaya lainnya. Pepaya California dikenal dengan rasa yang manis dan aroma yang harum.

Pepaya California juga memiliki daging buah yang lembut dan warna daging yang oranye. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi, serat, dan antioksidan. Selain itu, pepaya California juga mengandung enzim papain yang dapat membantu pencernaan protein dalam tubuh.

3. Jenis Pepaya Malaysia

Jenis Pepaya Malaysia
Pepaya Betik Merah

Di Malaysia, terdapat beberapa jenis pepaya yang populer dan dikonsumsi secara luas. Beberapa jenis pepaya yang umum ditemukan di Malaysia antara lain:

1. Pepaya Betik Merah

Pepaya betik merah memiliki kulit hijau muda dan daging buah yang berwarna merah. Buah ini sangat manis dan memiliki tekstur yang lembut. Pepaya betik merah sering digunakan sebagai bahan makanan atau dijadikan jus pepaya.

2. Pepaya Betik Thailand

Pepaya betik Thailand memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan pepaya betik merah. Kulitnya kuning cerah dan daging buahnya berwarna oranye. Pepaya betik Thailand memiliki rasa yang manis dan sering digunakan dalam hidangan salad atau acar.

Jenis Pepaya Solo

Pepaya Solo adalah salah satu jenis pepaya yang terkenal di Indonesia. Pepaya Solo memiliki ciri khas bentuk lonjong dengan kulit yang berwarna kuning keoranye. Buah pepaya ini dikenal memiliki rasa yang manis dan tekstur daging yang lembut.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Pertanian Yang Menjanjikan dan Cara Memulainya

Pepaya Solo biasanya dipanen saat buahnya masih matang dan dikonsumsi begitu saja atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai masakan dan minuman. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis Pepaya Carica

Pepaya Carica adalah salah satu jenis pepaya yang memiliki karakteristik unik dan berbeda dengan jenis pepaya lainnya. Pepaya Carica memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan pepaya biasa dan memiliki daging buah yang berwarna oranye kekuningan. Selain itu, rasa dari buah pepaya Carica juga lebih manis dan memiliki aroma yang khas.

Selain kandungan gizinya yang kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan, pepaya Carica juga memiliki manfaat lainnya. Salah satunya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam pepaya Carica dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit.

"Pepaya Carica, dengan rasa dan aroma yang khas, merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh."


Jika anda tertarik untuk menanam pepaya pendek, berikut adalah tahapan yang perlu anda lakukan.


berikut panduan dalam budidaya cara menanam pohon pepaya pendek dan berbuah lebat dari awal hingga panen.


1. Pertama tama ambilah buah pepaya pendek yang matang. Kemudian Belah dan seleksi ambil bijinya.


2. Kemudian bersihkan biji, dan lakukan penyemaian. Setelah pertumbuhan cukup, tanam pada polibek.


3. Siapkan lahan, pastikan terdapat saluran air yang memadai. Persiapkan pupuk kandang, dolumid, dan NPK 1616.


4. Kemudian buat lubang untuk penanaman bibit, tanam dengan posisi miring, dan lakukan penyiraman.


5. Setelah sekitar 3 minggu, lakukan pemotongan di atas tanah untuk merangsang pertumbuhan baru.


6. Setelah Potong batang induk, pilih semai terbaik, dan bersihkan dari tunas yang tidak diinginkan.


7. Anda juga bisa Gunakan NPK 1616, KCL, dan fosfat untuk memberikan nutrisi. Semprot dengan ganda Sil B untuk pertumbuhan buah yang optimal.


8. Kemudian dilakukan Pemangkasan daun bawah untuk memfokuskan nutrisi pada buah dan bunga.


9. Setelah Gunakan pupuk KCL dan granul dari NASA untuk membesarkan buah. Lakukan pemupukan ini secara rutin.


10. Terkahir, Pada usia sekitar 8 bulan, lakukan panen perdana. Biasanya, setiap batang pohon menghasilkan kurang lebih dua buah pepaya.


Dengan mengikuti tahapan ini, diharapkan pepaya pendek Anda akan tumbuh subur dan berbuah lebat dengan hasil panen yang memuaskan. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Baca juga : Jenis Tanaman Budidaya yang Cepat Menghasilkan Uang, Ide Cemerlang untuk Usaha

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya dan terima kasih telah membaca. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang buah ini atau topik lainnya, silakan lanjutkan membaca artikel-artikel menarik lainnya di situs ini.

Terima kasih.

Posting Komentar
Search
Menu
Share
Theme