Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Australia (Falk Australia) Bagi Pemula

Burung Parkit Australia
Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Australia (Falk Australia) Bagi Pemula


Budidaya burung parkit Australia, atau yang dikenal juga sebagai Falk Australia, merupakan hobi yang semakin populer di kalangan pecinta burung di Indonesia. Jenis burung ini terkenal dengan keindahan bulu dan keceriaannya, serta kemudahan dalam perawatan. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai beternak parkit Australia.

Cara Budidaya Burung Parkit Australia (Falk Australia) Bagi Pemula

Berikut adalah panduan lengkap yang dapat Anda ikuti:

Persiapan Kandang

  • Memilih Kandang yang Sesuai

Kandang adalah hal pertama yang perlu Anda persiapkan sebelum memelihara burung parkit Australia. Pastikan memilih kandang dengan ukuran yang cukup luas, minimal 60 x 40 x 40 cm untuk sepasang burung. Kandang sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat, seperti besi atau kayu, dan dilengkapi dengan perch (tempat hinggap) serta pintu yang mudah dibuka-tutup.


  • Menyiapkan Alas Kandang

Gunakan alas kandang yang mudah dibersihkan, seperti sekam padi atau serbuk kayu. Ganti alas kandang secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung.


  • Menyediakan Tempat Makan dan Minum

Sediakan tempat makan dan minum yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan, seperti stainless steel atau keramik. Letakkan tempat makan dan minum di bagian bawah kandang, agar mudah dijangkau oleh burung.


  • Menambahkan Perch

Pasang beberapa perch di dalam kandang, dengan ketinggian yang bervariasi. Perch yang baik terbuat dari kayu atau bambu, dan memiliki diameter yang sesuai dengan ukuran kaki burung.


  • Menyediakan Sarang

Jika Anda ingin membiakkan burung parkit Australia, sediakan sarang yang sesuai. Sarang dapat berupa kotak kayu atau sarang buatan, yang ditempatkan di sudut atau atas kandang.


Pemilihan Bibit Burung

  • Memilih Jenis Kelamin yang Sesuai

Burung parkit Australia memiliki perbedaan fisik antara jantan dan betina. Jantan umumnya memiliki warna bulu yang lebih cerah dan berbintik-bintik, sedangkan betina cenderung memiliki warna bulu yang lebih kusam. Untuk memulai budidaya, pilihlah sepasang burung dengan jenis kelamin yang berbeda.


  • Memastikan Kesehatan Burung

Sebelum membeli burung, pastikan bahwa calon peliharaan Anda dalam kondisi sehat. Periksa ciri-ciri kesehatan, seperti nafsu makan yang baik, bulu yang rapi, dan gerakan yang lincah.


  • Memperkenalkan Pasangan Baru

Jika Anda memiliki sepasang burung baru, perkenalkan mereka secara perlahan di dalam kandang yang sama. Hal ini untuk mencegah pertengkaran dan membantu mereka beradaptasi satu sama lain.


Perawatan Harian

  • Memberi Makan yang Seimbang

Pakan utama burung parkit Australia adalah biji-bijian, seperti biji canary, biji alpukat, atau biji jawawut. Berikan juga makanan tambahan, seperti sayuran dan buah-buahan segar, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung.


  • Menyediakan Air Bersih

Pastikan tersedia air bersih dan segar di dalam kandang setiap hari. Ganti air minum secara rutin untuk menjaga kebersihannya.


  • Membersihkan Kandang

Bersihkan kandang secara rutin, minimal 2-3 kali dalam seminggu. Buang sisa makanan dan kotoran, serta ganti alas kandang yang kotor.


  • Menjaga Kebersihan Burung

Sikat bulu burung secara teratur menggunakan sikat lembut, untuk menjaga kebersihan dan kerapihan bulu. Selain itu, sediakan tempat mandi di dalam kandang agar burung dapat memelihara kebersihannya sendiri.


Pembiakan dan Reproduksi

Menyiapkan Sarang yang Nyaman

Jika Anda ingin membiakkan burung parkit Australia, sediakan sarang yang nyaman di dalam kandang. Sarang dapat berupa kotak kayu atau sarang buatan, dengan ukuran yang sesuai untuk sepasang burung.


Mengamati Proses Bertelur

Setelah pasangan burung merasa nyaman di dalam sarang, betina akan mulai bertelur. Biasanya, betina akan bertelur 4-6 butir telur dengan jeda 1-2 hari antara setiap telur.


Mengatur Suhu dan Kelembapan

Jaga suhu dan kelembapan di dalam kandang agar sesuai untuk proses penetasan telur, yaitu sekitar 21-24°C dengan kelembapan 60-70%. Gunakan lampu pemanas atau alat pengatur suhu jika diperlukan.


Memantau Proses Penetasan

Telur akan menetas setelah diinkubasi selama 18-21 hari. Selama proses penetasan, pantau perkembangan telur dan jaga agar induk tidak mengganggu.


Merawat Anak Burung

Setelah menetas, anak burung akan mendapatkan perawatan dan asupan makanan dari induknya. Berikan makanan tambahan, seperti bubur burung atau pakan anak burung, untuk memastikan pertumbuhan yang optimal.


Memisahkan Anak Burung

Ketika anak burung sudah cukup besar dan mandiri, pisahkan mereka dari induk. Hal ini untuk mencegah perkelahian dan memudahkan Anda dalam merawat.


Kesehatan dan Pencegahan Penyakit

Memantau Kesehatan Rutin

Periksa kesehatan burung Anda secara rutin, minimal 1 bulan sekali. Perhatikan tanda-tanda penyakit, seperti nafsu makan yang menurun, bulu yang kusam, atau gerakan yang tidak lincah.


Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan burung. Bersihkan kandang secara teratur dan ganti alas kandang yang kotor.


Memberikan Suplemen Vitamin

Tambahkan suplemen vitamin dan mineral ke dalam pakan burung untuk menjaga daya tahan tubuh. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mengetahui jenis suplemen yang tepat.


Menghindari Stres

Burung parkit Australia cenderung mudah stres, sehingga Anda perlu meminimalkan faktor-faktor yang dapat memicu stres, seperti kebisingan, perubahan lingkungan, atau gangguan dari binatang lain.


Mengatasi Penyakit Umum

Jika burung Anda terlihat sakit, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa penyakit umum yang sering menyerang burung parkit Australia, seperti infeksi saluran pernapasan, diare, atau parasit, harus ditangani dengan cepat.


Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memulai budidaya burung parkit Australia dengan baik dan menjaga kesehatan peliharaan Anda. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

Calon Bloggers
Calon Bloggers Saya seorang pemimpi yang Fokus untuk mencapai tujuan, meskipun banyak hal yang menarik dalam perjalan akan slalu berjuang untuk mendapatkan mimpiku yang belum tercapai.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Australia (Falk Australia) Bagi Pemula"