Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Burung Murai Batu Paling Banyak Diminati Pecinta Kicau Mania, Lengkap Jenis dan Ciri-cirinya

8 Jenis Burung Murai Batu
8 Jenis Burung Murai Batu Paling Banyak Diminati Pecinta Kicau Mania, Lengkap Jenis dan Ciri-cirinya

Petaniberdasi.my.id - Burung murai batu sudah tidak asing lagi di dunia kicau mania. Selain memiliki suara yang merdu, burung ini juga memiliki penampilan yang cantik dan menarik untuk dipelihara. Tidak heran jika banyak pecinta kicau mania yang memilih burung murai batu sebagai burung kesayangannya.


Namun, tahukah kamu bahwa ada berbagai jenis burung murai batu yang memiliki keunikan dan keistimewaan masing-masing? Inilah 8 jenis burung murai batu paling banyak diminati oleh pecinta kicau mania.


1. Murai Batu Medan


Murai batu Medan adalah jenis burung murai batu yang paling populer di Indonesia. Burung ini berasal dari Sumatera Utara dan memiliki ciri khas warna hitam pekat serta suara kicau yang lantang dan bervariasi. Burung ini juga dikenal sebagai burung yang pintar meniru suara burung lain.


2. Murai Batu Lampung


Sama seperti murai batu Medan, murai batu Lampung juga berasal dari Sumatera. Burung ini memiliki ciri khas warna hitam pekat dengan garis putih yang menonjol di bagian kepala. Suara kicauannya juga sangat merdu dan bervariasi, sehingga banyak pecinta kicau mania yang memilihnya sebagai burung peliharaan.


3. Murai Batu Borneo


Murai batu Borneo berasal dari Kalimantan dan memiliki paras yang cantik dengan warna hitam pekat dan putih di bagian tubuhnya. Burung ini juga memiliki suara kicau yang tajam dan bervariasi, sehingga sering dijadikan sebagai peserta dalam lomba burung kicau.


4. Murai Batu Jambi


Burung murai batu Jambi memiliki ciri khas warna hitam pekat dengan bercak putih di bagian ekor dan sayapnya. Burung ini juga dikenal dengan suara kicau yang lantang dan stabil, serta mampu meniru suara burung lain dengan sempurna.


5. Murai Batu Aceh


Murai batu Aceh memiliki ciri khas warna hitam pekat dengan bercak putih yang menarik di bagian lehernya. Burung ini juga memiliki suara kicau yang lantang dan bervariasi, sehingga sering dijadikan burung peliharaan untuk diikutsertakan dalam kontes kicau.


6. Murai Batu Riau


Murai batu Riau memiliki ciri khas warna hitam pekat dengan bercak putih di bagian dada dan perutnya. Burung ini juga memiliki suara kicau yang merdu dan stabil, serta mampu meniru suara burung lain dengan baik.


7. Murai Batu Sumatera Selatan


Burung murai batu Sumatera Selatan memiliki ciri khas warna hitam pekat dengan garis putih menonjol di bagian dada dan perutnya. Suara kicauannya juga sangat merdu dan bervariasi, sehingga sering dijadikan sebagai burung peliharaan untuk diikutsertakan dalam lomba kicau.


8. Murai Batu Kalimantan Timur


Sama seperti murai batu Borneo, burung murai batu Kalimantan Timur juga berasal dari Kalimantan dan memiliki ciri khas warna hitam pekat dengan bintik-bintik kecil putih di bagian tubuhnya. Burung ini memiliki suara kicau yang lantang dan bervariasi, sehingga sering dijadikan sebagai peserta dalam kontes burung kicau.


Itulah 8 jenis burung murai batu paling banyak diminati oleh pecinta kicau mania. Setiap jenis burung mempunyai keunikan dan keistimewaan yang membuatnya menjadi favorit di kalangan pecinta burung kicau. Jika kamu ingin memelihara burung murai batu, pastikan untuk memberikan perawatan yang baik dan memenuhi kebutuhan burung tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang burung murai batu. Selamat mencoba!

Calon Bloggers
Calon Bloggers Saya seorang pemimpi yang Fokus untuk mencapai tujuan, meskipun banyak hal yang menarik dalam perjalan akan slalu berjuang untuk mendapatkan mimpiku yang belum tercapai.

Posting Komentar untuk "8 Jenis Burung Murai Batu Paling Banyak Diminati Pecinta Kicau Mania, Lengkap Jenis dan Ciri-cirinya"